Kartu Tanda Penduduk (KTP)

Kartu Tanda Penduduk (KTP)

 

 

 

 

 

Deskripsi

   

Kartu Tanda Penduduk atau KTP adalah identitas resmi penduduk sebagai bukti diri yang diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang berlaku di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

Alur

Tata Cara Penerbitan dan Perubahan KTP

1. Tata Cara Penertiban KTP di Desa/Kelurahan

  1. Mengisi formulir permohonan KTP WNI;
  2. Petugas mencatat dalam buku Harian Peristiwa Kependudukan dan Peristiwa Penting;
  3. Petugas melakukan verifikasi dan validasi data;
  4. Kepala desa/lurah menandatangani formulir permohonan KTP;
  5. Petugas menyerahkan formulir permohonan KTP kepada penduduk untuk dilaporkan kepada camat.

2. Tata Cara Penertiban KTP di Kecamatan

  1. Petugas melakukan verifikasi dan validasi data penduduk;
  2. Camat menandatangani formulir permohonan KTP;
  3. Petugas menyampaikan formulir permohonan KTP yang dilampiri dengan kelengkapan berkas persyaratan kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil sebagai dasar penerbitan KTP.

3. Tata Cara Penertiban KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

  1. Petugas melakukan perekaman data ke dalam database kependudukan;
  2. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menerbitkan dan menandatangani KTP.

4. Tata Cara Penertiban KTP Orang Asing yang Memiliki izin Tinggal Tetap di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

  1. Mengisi formulir permohonan KTP orang asing;
  2. Petugas melakukan verifikasi dan validasi data penduduk;
  3. Petugas melakukan perekaman data ke dalam database kependudukan;
  4. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menerbitkan dan menandatangani Kartu Tanda Penduduk

 

Persyaratan

Syarat-syarat Penerbitan dan Perubahan KTP

1. Penerbitan KTP Baru bagi Penduduk WNI

  1. Telah berusia 17(tujuh belas) tahun atau sudah kawin atau pernah kawin.
  2. Surat Pengantar RT/RW dan kepala desa/lurah;
  3. Fotocopi:
    (1) KK;
    (2) Kutipan Akta Nikah/Akta Kawin bagi penduduk yang belum berusia 17 (tujuh belas) tahun;
    (3) Kutipan Akta Kelahiran.
  4. Surat Keterangan Datang dari luar negeri yang diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil bagi WNI yang datang dari luar negeri karena pindah.

2. Penerbitan KTP Baru bagi Orang Asing yang Memiliki Izin Tinggal Tetap

  1. Telah berusia 17 (tujuh belas) tahun atau sudah kawin.
  2. Fotocopi
    (1) KK;
    (2) Kutipan Akta Nikah/Akta Kawin bagi penduduk yang belum berusia 17(tujuh belas) tahun;
    (3) Kutipan Akta Kelahiran;
    (4) Paspor dan Izin Tinggal Tetap; dan
  3. Kepolisian

3. Penerbitan KTP Karena Hilang atau Rusak bagi Penduduk dan WNI atau Orang Asing yang Memiliki Izin Tinggal Tetap

  1. Surat Keterangan Kehilangan dari kepolisian atau KTP yang rusak;
  2. Fotokopi KK;
  3. Paspor dan Izin Tinggal Tetap bagi orang asing.

4. Penerbitan KTP Karena Pindah Datang bagi Penduduk WNI atau Orang Asing yang Memiliki Izin Tinggal Tetap

  1. Surat Keterangan Pindah/Surat Keterangan Pindah Datang; dan
  2. Surat Keterangan Datang dari luar negeri bagi WNI yang datang dari luar negeri karena pindah.

5. Penerbitan KTP Karena Perpanjangan bagi Penduduk WNI atau Orang Asing yang Memiliki Izin Tinggal Tetap

  1. Fotokopi KK;
  2. KTP lama; dan
  3. Fotokopi Paspor, Izin Tinggal Tetap, dan Surat Keterangan Catatan Kepolisian bagi Orang Asing yang memiliki Izin Tinggal Tetap.

6. Penerbitan KTP Karena Adanya Perubahan Data bagi Penduduk WNI atau Orang Asing yang Memiliki Izin Tinggal Tetap

  1. Fotokopi KK;
  2. KTP lama;
  3. Surat Keterangan/bukti perubahan peristiwa kependudukan dan peristiwa penting.