Pariwisata

Pariwisata

Kampung Toga

kampungtoga

Kampung Toga singkatan dari Kampung Tanaman Obat – obatan, terletak 3 km dari alun - alun Sumedang merupakan objek rekreasi keluarga dengan lingkungan pegunungan yang indah dan nyaman yang cocok untuk pertemuan dan pesta. Bentangan alam dengan ketinggian yang berbeda menjadikan kawasan ini memiliki wisata yang beraneka ragam

Fasilitas :

·   Paraglaiding
·   Gantole
·   Track
·   Arung jeram
·   Hiking
·   Jogging
·   Off Road
·   Game War
·   Horse Riding
Site : http://togahills.com/ atau http://kampungtoga.com/

 

Wisata Agroteknobisnis

Tempat wisata yang menjanjikan kedekatan dengan alam semakin semarak. Banyak yang menyajikan dengan ke-khas-an masing-masing. Ada yang mengajak pengunjungnya menikmati kedekatan dengan sapi, maksudnya pengunjung diberi kesempatan membelai sapi plus kesempatan belajar memerah susu dari si sapi, asik juga. Ada yang khusus menyajikan kemewahan ber-strawberry-ria. Disini pengunjung langsung berinteraksi dengan sang tanaman, memetik dan menikmati buah strawberry langsung dari pohonnya. Ada juga tempat yang mengijinkan pengunjung untuk pesta duren gratis, dengan syarat tidak boleh ada yang dibawa keluar wilayah wisata tersebut. Dan lain-lain, dan lain-lain, dan lain-lain, yang tentunya sangat positif jika dilihat dari tujuannya yaitu (antara lain) mendekatkan kita ke alam, menikmatinya sambil ikut serta aktif dalam kegiatan didalamnya. Aktif memerah susu, aktif memetik strawberry, aktif membelah duren, yang akan memberi nilai kenikmatan khusus bagi kita, apalagi kalau anak-anak kita pun dilibatkan.

Fasilitas
- Saung Pohon
- Kebun Strawberry
- dll

 

Wisata Cibingbin

cibingbin

Kawasan Cibingbin terletak di desa Citengah ± 7 km dari pusat kota Sumedang. Secara fisik, kondisi bentukan kawasan Cibingbin pada umumnya berbukit dan daratan. Hal ini berpengaruh pada atraksi-atraksi yang ada di kawasan Cibingbin seperti : air terjun / curug, perkebunan serta makam-makam. Di kawasan Cibingbin terdapat keajaiban alam, kawasan hutan tropis ini memiliki keunikan karena banyaknya curug sehingga dijuluki “ The Seven Wonder Of Cibingbin Water Falls “. Disamping itu Cibingbin memiliki perkebunan teh yang sangat indah

Fasilitas
- Restourant
- Cafe
- Saung
- Kolam Renang

 

Kolam Renang Kampung Gajah

Objek wisata air modern dengan suasana menarik disertai dengan dentuman atau gemuruh air ini baru ada di Sumedang sekitar satu tahun lalu di Jalan Raya Sumedang-Cimalaka No 90 Serang, Kecamatan Cimalaka.

Jika Anda sering melintasi Jalan Raya Bandung-Cirebon, bisa jadi sudah pernah melihat wisata ini. Lokasinya yang berada di pinggir jalur nasional, bisa mudah terlihat dari kendaraan. Apalagi, salah satu permainan di Gajah Depa, yaitu family slide, papan luncur berukuran besar yang muat untuk 10 orang, dapat terlihat jelas oleh para pengguna jalan.
Alamat: no 90, Jl. Raya Serang, Cimalaka, Sumedang, Indonesia
Telepon:+62 823-1935-5553
Jam:  
Senin     08.00–16.00
Selasa     08.00–16.00
Rabu     08.00–16.00
Kamis     08.00–16.00
Jumat     08.00–16.00
Sabtu     08.00–16.00
Minggu     08.00–16.00

 

Curug Cindulang

Curug Cinulang terletak di perbatasan antara Kabupaten Bandung dengan Kabupaten Sumedang, tepatnya di Desa Sindulang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat dengan koordinat GPS -6° 57’ 44.00”, +107° 52’ 53.00”.
Berjarak ±38 Kilometer ke arah Timur dari Kota Bandung, dengan akses yang cukup mudah karena dapat dilalui dengan akses tol Cipularang. Setelah melewati pintu tol, diteruskan melalui akses jalan Bandung – Garut sampai Km ke 11 terdapat papan petunjuk arah yang menginformasikan lokasi Curug Cinulang dan berjarak 2,5 Km ke arah timur dari papan petunjuk arah. Dengan kondisi jalan yang mulus, menjadikan akses kendaraan lebih mudah untuk melalui jalan masuk Curug Cinulang.
Curug Cinulang memiliki dua buah air terjun yang memiliki ketinggian ±50 meter, satu sama lain ±30 meter jaraknya. Air yang jernih, pemandangan yang indah,  dapat membawa ketenangan dan kedamaian saat menikmati Curug ini. Dengan debit air yang besar dan derasnya air yang mengalir, pengunjung biasanya menikmati aliran air sungai Citarik yang mengalir dari Curug tersebut.
Selain menikmati air terjun yang indah, wisatawan juga dapat menikmati pendakian bukit yang terletak diseberang sungai. Tidak hanya pendakian bukit, dibagian atas tepat di samping sungai yang mengalir ke air terjun utama terdapat wahana bermain anak-anak.
Fasilitas yang dimiliki Curug Cinulang adalah banyaknya warung-warung kecil yang menyediakan berbagai hidangan, kios-kios aksesoris khas. Dengan biaya sebesar Rp. 2.000 per orang sebagai tiket masuk dan Rp. 1.000 per kendaraan anda dapat menikmati keindahan dan keasrian objek wisata Curug Cinulang.

sumber : bandungtraveller.com

Sumber Air Panas Sekarwangi

Sumber Air Panas Sekarwangi

Sumber Air Panas Sekarwangi merupakan salah satu tempat wisata di Sumedang yang banyak didatangi para wisatawan dari berbagai kota. Sumber Air Panas Sekarwangi ini berlokasi di Desa Sekarwangi kecamatan Buah Dua, tepat kaki gunung Tampomas yang terletak di utara kota Sumedang. Untuk menuju ke lokasi ini dapat Anda tempuh menggunakan beragam alat transportasi sehingga sangat mudah untuk dijangkau.

Wisata Alam Gunung Kunci

Wisata Alam Gunung kunci

Wisata Alam Gunung Kunci merupakan salah satu tempat wisata di Sumedang yang banyak dikunjungi wisatawan karena memilki pemandangan yang menakjubkan. Di sini juga terdapat gua peninggalan Belanda yang dulunya digunakan sebagai benteng pertahanan masyarakat Sumedang. Wisata Gunung Kunci ini terletak di sebelah utara alun-alun Sumedang kurang lebih 200 meter. Di sini Anda juga dapat menikmati udara yang sejuk dan fresh sehingga sangat bagus bagi pernafasan.

Pemandian Cipanas Cileungsi

Pemandian Cipanas Cileungsi

Pemandian Cipanas Cileungsi merupakan salah satu tempat wisata di kota Sumedang yang dapat Anda jadikan tujuan wisata berikutnya. Lokasi pemandian air panas ini berada di sekitar Cipanas Sekarwangi yang lebih tepatnya terletak di desa Cilangkap kecamatan Buah Dua di sebelah utara kota Sumedang. Air Panas Cileungsi ini memiliki kandungan belerang yang tinggi sehingga bisa dijadikan pengobatan bagi penyakit tertentu. Dan pastinya bagus bagi kesehatan.

Beragam tempat wisata di Sumedang di atas semoga dapat manjadi referensi dan pengetahuan bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan wisata khususnya ke Sumedang, Maka paling tidak Anda sudah mendapatkan pandangan tentang wisata apa saja yang ingin Anda kunjungi ketika di Sumedang Jawa Barat sehingga Anda dapat menentukan tempat-tempat wisata di Sumedang yang cocok bagi Anda.

Sumedang tidak hanya memiliki tempat wisata menarik yang menakjubkan dan menarik para wisatawan untuk selalu berkunjung ke sana, tetapi Sumedang juga kaya akan wisata budaya dan adat diantaranya adalah upacara adat Ngalaksa, Kuda Renggong, Tari Sampiung, Genggong, dan juga alat musik Jentreng yang memilki nilai seni tinggi. Sumedang memang merupakan kota yang kaya wisata alam dan budaya. Beberapa informasi mengenai berbagai macam objek wisata di Sumedang di atas semoga dapat bermanfaat bagi Anda.

sumber :http://www.tempatwisataid.com