REKOMENDASI CERITAPERUT MUDIK SUMEDANG

REKOMENDASI CERITAPERUT MUDIK SUMEDANG

Sumedang merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Barat. Sumedang ini juga merupakan salah satu kabupaten yang selalu menjadi jalur utama pada saat mudik. Selain terkenal dengan makanan khasnya yaitu Tahu Sumedang, Sumedang juga punya banyak tempat kuliner yang menarik dan pastinya layak untuk dikunjungi. Berikut ini Ceritaperut akan memberi rekomendasi tempat kuliner yang cocok buat kamu beristirahat atau sekedar ingin mengisi perut kosong disela-sela perjalanan mudik kamu.
 

  • Soto Bongko


Hampir di setiap daerah di Indonesia, terutama di Pulau Jawa memiliki makanan khas dengan menu soto. Sumedang pun memiliki soto yang khas, diberi nama dengan Soto Bongko. Diberi nama demikian karena bongko artinya gumpalan/bungkusan besar, karena berisi lontong yang diproses dengan bungkusan besar, kadang bisa berdiameter hingga 20 cm. Disajikan dengan menggunakan kuah kari berisi tahu goreng ditambah dengan kecambah dan sambal. dapat Anda temukan di seputar penjuru kota Sumedang, seperti Alun-alun Sumedang (seperti yang tampak dalam gambar), area Rumah Sakit Umum Sumedang, atau di Taman Ndog/Pasar Sumedang. Selamat berburu kuliner.

 

  • Bugen Pizza


Pernah mencoba pizza Sumedang? Emang  Sumedang punya pizza? Yap pizza itu adalah Bugen Pizza. Didirikan pertama kali pada April 2013 di Kota Sumedang. Orang Sumedang sering mengatakan Pizza Sumedang. Pengambilan nama Bugen untuk merk dagang karena ingin membuat merk yang mudah diingat, enak diucapkan, modern, namun tetap punya ciri khas tradisional. Bugen itu sebenarnya singkatan. Bugen sendiri adalah kependekan dari Budak Gendut alias Fatboy. Tempat pizza yang terletak di Jalan Pangeran Suriaatmadja No. 16 (samping La Diva Hotel) dan Jalan Pangeran Geusan Ulun, samping Nasgor Keroso dekat Apotek Pajaji menyajikan beragam pizza yang sangat disayangkan jika dilewatkan, ada 2 sub menu yang ditawarkan, ada menggunakan keju mozarella dan tanpa keju mozarella. Terlihat menggiurkan? Ayo buruan cicipi pizza khas Sumedang ini guys.

 

  • Kedai Makan SUKAHATI


Kangen dengan masakan tradisional yang enak guys? Mmh, tidak salahnya kalian mencoba cicipi makanan yang disajikan di Jl. Parakan Muncang Telp. 081 222 363 96, di sini kalian akan ditawarkan masakan-masakan kampung yang dijamin kelezatannya, bisa dikatakan masakan rumah banget. Dari mulai ayam, ikan, hingga sayur-sayuran nya pun sangat lezat, jadi jika kalian berada di Sumedang, mampirlah sebentar untuk merasakan masakan khas kampung nan lezat ini.

 

  • R.M Joglo Sumedang


Kalian sedang di Sumedang? Lalu bingung mencari tempat makan yang enak dengan pemandangan yang bagus? Nah kalian wajib nih mencoba rumah makan yang satu ini, R.M Joglo Sumedang, terletak di Jalan Raya Serang No.333, Desa Serang, Kabupaten Sumedang, 45353. Rumah makan yang satu ini menyajikan makanan-makanan yang lezat berbau tradisional dan modern, modern? Kenapa? Karna di rumah makan ini kita bisa memesan menu yang lezat yaitu menu zupa zupa soup yang terkenal akan kenikmatannya. So, tunggu apa lagi, silahkan coba tempat makan ini seraya menikmati pemandangan yang indah di sekelilingnya.

 

  • Baso Tahu Mang Dayat


Hayoo siapa yang sedang ngidam makan bakso tahu? Jika kalian sedang berada di sumedang, tidak ada salah nya kalian mencoba bakso tahu yang satu ini, Bakso Tahu Mang Dayat. Bakso Tahu Mang Dayat ini sudah terkenal dari dulu, dengan menu andalan baso tahu urat yang sangat menggiurkan ini, bisa menjadi alternatif untuk kalian dalam mencari jajanan lezat di Sumedang, Soal harga sangat terjangkau sekali dengan porsi yang lumayan mengeyangkan bagi perut karet kamu. Bakso tahu ini terletak di pertigaan sindang raja yang mau ke jl. Angkrek. Mmh, bagi kalian yang tidak sibuk dan ingin jajan, tidak salah nya mengunjungi bakso tahu mang dayat ini.

 

  • NasGor. Ce ESIH


Mmmh, ingin makan enak tapi duit sedang menipis? Jangan khawatir guys, nasi goreng yang terletak di Taman Endog, depan polsek sumedang utara ini menawarkan nasi foreng enak dengan harga yang murah, yaa murah, hanya dengan uang Rp.5000 kalian bisa mencicipi satu porsi nasi goreng yang lezat ini. Selain nasi goreng, di sini juga menjual mie, mie bihun dan lain-lain dengan harga yang murah. NasGor. Ce ESIH ini buka dari jam 4 sore dan tutup jika makanannya habis. So guys, jangan kaget kalau misalnya warung nya tutup lebih cepat, bisa saja makanan di NasGor. Ce ESIH ini sudah habis diburu oleh para pecinta nasi goreng.

 

  • Tahu BUNGKENG


Jalan-jalan atau mudik ke Sumedang tidak afdol jika tidak mencoba tahu sumedang, kalian bisa mencoba tahu BUNGKENG yang terletak di Jl. Sebelas April 53, tahu Sumedang ini sudah berdiri sejak tahun 19 17, mmh berarti kita tidak perlu meragukan lagi kelezatan dari tahu sumedang BUNGKENG yang satu ini. Dengan tambahan cabe rawit atau kecap pedas, tahu sumedang bungkeng pasti akan terasa lezat. Jadi tunggu apa lagi, silahkan mampir jika kalian penasaran akan cita rasa tahu sumedang yang satu ini.

 

  • Ladang View


Berwisata Kuliner di kampung serta di kelilingi oleh sawah ternyata memiliki keunikan tersendiri loh. Contohnya  di Kampung Ladang, sambil menikmati aroma pegunungan dan melihat aktivitas petani, kita dapat menikmati secangkir kopi dan makanan lain yang disajikan dengan batok kelapa dan terasa nuansa kampung uang kental, tempat makan yang berada di  Kamp Pasir Peti - Desa Margalaksana - Sumedang Selatan. Menu yang disajikan di Kampung Ladang diambil dari tradisi makan para petani seperti ngaliwet ( nasi liwet) dan tradisi nganteuran ( nasi timbel). Mmhh, membayangkan suasana desa sambil berkopi dan nge-liwet tentu akan membuat pikiran kita akan tenang.

 

  • Rumah Makan Alam Sari


Ingin menikmati makanan khas sunda di Sumedang? ini dia salah satu alternatifnya Rumah Makan Alam Sari, rumah makan yang terletak di JL. Raya Cimayor, No. 19, Kab. Sumedang, Jawa Barat 45621 (0261) 206573, menawarkan makanan khas tradisional sunda yang terasa kental. Tidak jauh berbeda dengan rumah makan yang lain, di sini menu yang ditawarkan berupa ayam serta ikan yang diolah dengan racikan bumbu tradisional, menciptakan cita rasa yang khas. Jadi jangan lupa untuk berkunjung ke sini jika kalian mempunyai waktu kosong dengan perut yang lapar.

 

  • Saung Teko

Namanya Saung Teko. Nama yang diambil dari salah satu perabotan dapur ini sama sekali bukan karena ikut-ikutan tren saat ini, ketika beberapa rumah makan menyantumkan nama perabot dapur sebagai nama rumah makannya.Nama teko diambil karena ketika hendak mendirikan rumah makan ini, pemiliknya Robby Indra Gunawan, melihat bentuk tanah pada sertifikat menyerupai sebuah teko.Jadinya, nama Saung Teko dipilih untuk usaha yang menjadi cabang dari Rumah Makan Soto Bandung. Tempat makan yang beralamat di Jl. Mayor Abdurahman, Kab. Sumedang, Jawa Barat. Menu makanan seperti iga bakar, ayam capit bambu, nasi liwet, tumis genjer, dan tumis kangkung adalah makanan yang diolah dan diracik dengan resep tertentu. Mmmh, terlihat enak ya guys, silahkan kunjungi jika kalian penasaran akan keunikan nya.

sumber : http://ceritaperut.com